learn 2 nature….baca tanda-tanda kekuasanNya

Sobat reader…… siapa yang tidak tahu dengan istilah Natrium Klorida?..istilah yang yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari but memiliki fungsi yang sangat amat bermanfaat, tanpa dia apalah jadinya ya….? Yops.. inilah dia si penolong sang Bunda…”Garam dapur” ,pembantu setia, pelezat masakan disetiap kesempatan( cie…jadi ngiklan nich!)
Kristal putih yang sekilas tampak sepele ini..siapa sangka menyimpan berjuta keajaiban sebagai tanda-tanda kekuasaan Sang Pencipta yang maha agung..tampak sederhana tapi dapat dijadilkan pelajaran bagi orang-orang mau berfikir. Terdiri dari dua unsure penyusun, Jika kedua unsure ini dipisahkan satu sama lain akan mempunyai karakteristik yang berbeda jauh.
Natrium adalah unsure pertama yang menyusun senyawa sodium kloride ini. Tahukah sobat apa sebenarnya unsure yang terletak pada perioda 3 golongan IA bernomor atom sebelas dengan bobot berat sekitar 23 ini? Ya inilah dia unsure yang sangat reaktif , tidak terdapat bebas di alam. Maksudnya begini sobat reader, unsure ini tidak akan dapat sobat temui hanya dalam bentuk natrium murni (Na), tapi dalam bentuk persenyawaan dengan unsure lain seperti Natrium hikarbonat (NaHCO3 yang lebih sering dikenal dengan soda kue), garam dapur(NaCl) , atau Soda caustic(NaOH) dan masih banyak senyawa lainnya sobat. Nah ..unsur yang kedua yang menyusun senyawa ini adalah klorin(Cl),dengan bobot atom sekitar 35.5 bernomor atom 17 perioda 3 gol VIIA ini juga tidak dapat ditemui bebas di alam . tetapi dalam bentuk persenyawaan dengan unsure lainnyan. Mirip ya … dengan natrium?. Kita tidak akan dapat melihat wujud klorin atau natrium jika tidak disentesis atau dipisahkan dari senyawanya.
Natrium seperti yang digambarkan di atas adalah senyawa yang sangat reaktif. Apa maksutnya sobat reader? Mmm…reaktif itu artinya mudah bereaksi.. sangat mampu dan mudah menarik unsure lain untuk bersenyawa dengannya. Hal ini dipengaruhi oleh jari-jarinya yang kecil dan keelektronegatifannya yang besar. Ha..ha…jangan bingung dulu ya …penasaran kan? Apa maksudnya sih?? Tenang sobat…mari kita bahas satu-persatu ya. Keelektronegatifan adalah kemampuan suatu ion untuk melepas electron di kulit teluar membentuk ion positif. Hal ini menguntungkan sekali untuk membentuk suatu senya ion seperti garam dapur. Apa gunanya natrium ini membebtuk ion positif ? , dalam senyawa ion ada aturan serah terima electron dari unsure lain. Jika natrium kekurangan electron karena telah melepaskan electron dikulit terluarnyamembentuk (Na+) nanti ion Cl yang pada saat itu kelebihan electron membemtuk (Cl-)akan memberikan elektronnya kepada Ion Na sehingga mereka bersenyawa gunanya supaya mereka stabil. Disini saja kita sudah dapat satu pelajaran yang berharga sobat ,bahwasanya kita tidak dapat hidup sendiri dan cenderung hidup berkoloni, membentuk keluarga, RT,RW, dan bahkan Negara. Hal ini bertujuan agar kita dapat hidup stabil dengan cara saling mengisi satu sama lain. Pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna , butuh kelebihan dan kekurangan orang lain sebagaimana yang tergambar dalam persenyawaaan natrium klorida.
Natrium adalah salah satu jenis logam . Logam ini jika bereaksi dengan air akan meninmbulkan percikan api disertai dengan ledakan besar ( eksplosif). Membebaskan gas hydrogen dan menghasilkan soda caustic.sedangkan klorin adalah salah satu jenis gas beracun.Tidak dapat dibayangkan bukan? Jika logam ini dibiarkan berkeliaran bebas di alam, ledakan akan terjadi dimana- mana,belum lagi percikan api yang yang dihasilkannya, hal ini didukung oleh bumi kita yang dua pertiganya tersusun oleh air. Wow…Tapi Sang Mahakuasa telah mengatur semuanya dengan terencana dan terstruktur baik dan benar . sedangkan klorin adalah salah satu jenis gas yang sangat beracun. Keracunan akan terjadi menghantui mahkluk Nya di bumi. Tapi itu semua tidak terjadi kan? Lagi-lagi karena kebaikan Sang Pencipta Yang Maha Agung tidak membiarkan gas ini bebas di alam.
Ketika dua unsure ini bergabung terbentuklah garam dapur (NaCl) . senyawa yang kelihatan sederhana namun bermamfaat bagi insane seluruh dunia. Dua unsure yang yang mempunyai karakteristik 180 derajat berbeda ini dapat bergabung membentuk senyawa yang jinak dan sangat bermanfaat. Logam yang tadinya eksplosif bergabung dengan gas yang sangat beracun bersatu saling menghilangkan identitasnya masing-masing , dan munculah identitas baru yang berbeda dari wujud aslinya. Itulah salah satu keagungan Sang Kuasa. Maka apakah alasan kita untuk tidak tunduk kepada?. Bukankah tanda-tanda kebesaranNya bertebaran menyelimuti jagat raya ini?. Dalam garam dapur saja yang kelihatan sederhana terkandung ayat-ayat yang maha dahyat untuk kita jadikan pelajaran. Maka nikmat Allah manakah yang kita dustakan sobat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s