spektroskopi

Spektroskopi

Adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara radiasi cahaya dengan materi. Warna-warna yang nampak dan fakta orang bisa  melihat adalah akibat absorbsi energy cahaya oleh senyawa organic ataupun senyawa anorganik. Radiasi elektromagnetik adalah energy yang dipancarkan menembus ruang dalam bentuk gelombang-gelombang.. Tipe-tipe radiasi elektomagnetik dicirikan dengan panjang gelombangnya (wavelength,у),yakni jarak antara puncak gelombang dengan jarak puncak gelombang berikutnya.

Spektrometry adalah teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah (konsentrasi) suatu zat berdasarkan spektroskopi, hal ini menyangkut dengan perhitungan secara kuantitatif, sedangkan spektofotometri adalah teknik yang digunakan untuk menentukan konsentrasi zat secara spektroskopi tetapi lebih spesifik untuk panjang gelombang( UV, visible dan Infrared).

Secara umum fungsi spektroskopi adalah:

  1. Mengetahui konsentrasi zat dalam sampel ( UV spektroskopi)
  2. Mengetahui / mengidentifikasi zat kimia berdasarkan spectrum ( infrared spektroskopi).

Spectrum dapat dikatakan sebagai rentang daerah radiasi electromagnet yang dapat terjadi. Spectrum elektromagnetik dapat dijelaskan dalam panjang gelombang, frekuensi dan energy foton.

Spektrum elektromagnetik dapat dibagi dalam beberapa daerah yang terentang dari sinar gamma gelombang pendek berenergi tinggi sampai pada gelombang mikro dan gelombang radio dengan panjang gelombang sangat panjang. Pembagian ini sebenarnya tidak begitu tegas dan tumbuh dari penggunaan praktis yang secara historis berasal dari berbagai macam metode deteksi. Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV), dalam panjang gelombang untuk energi menengah, dan dalam frekuensi untuk energi rendah (λ ≥ 0,5 mm). Istilah “spectrum optik” juga masih digunakan secara luas dalam merujuk spektrum elektromagnetik, walaupun sebenarnya hanya mencakup sebagian rentang panjang gelombang saja (320 – 700 nm).

sumber: http://www.wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s